Anda Harus Perhatikan Ini! Beginilah Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok,Semoga Bermanfaat



Seorang perokok mungkin pernah beberapa kali berjanji pada dianya bahwa ia akan berhenti merokok. Tetapi, kebanyakan janji-janji itu terlupakan begitu saja atau selalu diundur karena masih selalu menimbang-nimbang ketentuan itu. Biasanya janji untuk berhenti merokok di buat saat seorang perokok mulai kehabisan napas waktu berjalan menaiki tangga, saat ekonomi keluarga terpuruk, setiap kali batuk-batuk menempa, setiap saat membandingkan keadaan fisik dengan non-perokok lalu ia menyadari bahwa kesehatannya tak sebagus kesehatan non-perokok.

Beginilah Reaksi yag Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Berhenti Merokok 

Kapan saat yang tepat untuk berhenti merokok? Saat ini juga yaitu saat yang pas untuk berhenti merokok. Kenapa? Karena Dalam waktu 20 menit bakal mulai rasakan manfaatnya. Penasaran berapakah lama nikotin bakal terus bertahan pada badan? Apa yang terjadi bila nikotin hilang dari badan? Berapa lama saat yang dibutuhkan supaya tubuh Anda kembali pulih serta tak akan ada pada resiko bahaya merokok? Tersebut timeline perubahan yang berlangsung saat seseorang mulai berhenti merokok :

20 Menit setelah berhenti merokok 
Efek berhenti merokok bakal langsung merasa, kurang dari 20 menit setelah rokok paling akhir Anda habiskan, detak jantung Anda telah akan mulai menurun kembali ke tingkat normal.

Dua Jam setelah berhenti merokok 
Denyut jantung serta tekanan darah orang yang tengah merokok relatif lebih tinggi dibanding orang yg tidak merokok. Sesudah dua jam tanpa ada rokok, denyut jantung serta desakan darah akan menurun mendekati normal. Ujung jari tangan serta jari kaki mungkin mulai terasa hangat. Gejala penarikan nikotin biasanya diawali seputar dua jam setelah rokok terakhir Anda.

12 Jam setelah berhenti merokok 
Pada tingkat tinggi, karbon monoksida yang dihasilkan dari pembakaran tembakau serta dihirup sebagai sisi dari asap rokok bisa jadi racun untuk badan. Walaupun ikatan karbon monoksida sangat baik untuk beberapa sel darah, namun bila berlebihan bisa mencegah sel-sel ini dari ikatan dengan oksigen, yang pada gilirannya menyebabkan masalah jantung yang serius. Cuma dalam 12 jam sesudah berhenti merokok, karbon monoksida pada badan Anda menurun ke tingkat normal, serta kadar oksigen darah Anda meningkat jadi normal.

24 Jam setelah berhenti merokok 
Potensi serangan jantung untuk perokok adalah 70 % lebih tinggi dibandingkan non-perokok. Namun, yakin atau tak, cuma satu hari penuh setelah berhenti merokok, resiko Anda terkena serangan jantung bakal mulai turun. Namun ini baru permulaan, masih perlu saat agar jantung anda benar-benar tebebas dari potensi serangan jantung yang 70%.

48 Jam setelah berhenti merokok 
Perokok mempunyai tingkat penciuman serta mengecap rasa pada lidah yang lebih rendah dibanding non-perokok Setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda bakal mulai tumbuh kembali, serta kemampuan Anda untuk mencium serta mengecap rasa kembali normal. Cuma dalam sebagian waktu lagi, Anda bakal rasakan hal-hal yang lebih baik dalam hidup

Tiga hari setelah berhenti merokok 
Pada titik ini, nikotin bakal benar-benar keluar dari badan Anda. Pada sekarang ini juga gejala penarikan diri dari nikotin pada umumnya bakal memuncak. Anda mungkin alami beberapa gejala fisik seperti mual, sakit kepala, kram, mengantuk atau kesusahan tidur, serta nafsu makan bakal meningkat. Dampak emosional mental akan timbul seperti munculnya rasa kuatir, tegang serta rasa tertekan. Untuk melawan gejala mental, hiburlah diri Anda sendiri dengan belanja sesuatu yang baik dengan uang yang biasa anda pakai untuk beli rokok.

Dua sampai tiga minggu setelah berhenti merokok 
Sesudah beberapa minggu, Anda bisa lakukan olahraga serta melakukan aktivitas fisik tanpa merasakan sesak nafas serta kelelahan seperti yang muncul saat anda masih tetap merokok. Hal ini disebabkan beberapa sistem regeneratif yang mulai terjadi pada badan Anda, manfaat paru-paru Anda meningkat dengan cara signifikan. Sesudah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda mulai sembuh serta Anda bakal mulai bernapas lebih mudah.

Satu sampai sembilan bulan setelah berhenti merokok 
Mulai seputar sebulan sesudah Anda berhenti, paru-paru Anda mulai regenerasi. Di dalamnya, silia - rambut seperti organel kecil yang mendorong lendir keluar - bakal mulai memperbaiki diri serta berperan dengan baik lagi. Dengan silia saat ini dapat melakukan pekerjaan mereka, mereka bakal membantu untuk kurangi resiko infeksi. Dengan makin membaiknya keadaan paru-paru, batuk serta sesak nafas selalu menurun secara dramatis.

Satu tahun setelah berhenti merokok
Setelah setahun tanpa ada rokok, resiko penyakit jantung diturunkan sebesar 50 % dibandingkan saat Anda masih tetap merokok.

Lima tahun setelah berhenti merokok 
Saat anda masih merokok, sejumlah zat dilepaskan dalam pembakaran tembakau termasuk diantaranya karbon monoksida. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah Anda menyempit yang meningkatkan resiko Anda alami stroke. Setelah 5 hingga 15 tahun bebas asap rokok, resiko Anda alami stroke yaitu sama juga dengan seseorang yg tidak merokok.

10 tahun setelah berhenti merokok 
Perokok mempunyai risiko terserang kanker lebih tinggi dari pada non-perokok. Kanker paru-paru yaitu yang paling umum menyerang. Merokok menyumbang 90 % kematian akibat kanker paru-paru di semua dunia. Sepuluh tahun setelah berhenti merokok, resiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal, serta pankreas juga menurun. Untuk terlepas dari resiko ini membutuhkan saat 10 th., namun bila Anda berhenti merokok saat ini juga bermakna anda telah mulai menghindar dari resiko itu dari saat ini.

15 Tahun setelah berhenti merokok 
Lima belas tahun sejak berhenti merokok, resiko penyakit jantung kembali ke tingkat yang sama seperti seseorang yg tidak merokok. Anda akan tidak lagi ada pada resiko yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai keadaan seperti serangan jantung, penyakit arteri koroner, aritmia, angina, infeksi jantung, atau keadaan yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.

Manfaat jangka panjang 
Manfaat periode panjang dari berhenti merokok sangat fantastis. Menurut American Heart Association, orang yg tidak merokok rata-rata hidup 14 th. lebih lama dari pada perokok. Hargailah hidup anda dengan berhenti merokok mulai hari ini dapat. (semoga bermanfaat)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.