APAKAH DOA ANDA SULIT DIKABULKAN ?? MUNGKIN ANDA BELUM MELAKUKAN 3 HAL INI !!! BACA SELENGKAPNYA...



BERDOA pada Allah SWT memanglah semestinya jadi keharusan beberapa muslim. Karena semua sesuatunya memanglah mesti memohon kepadaNya. Supaya nantinya semuanya keinginan kita memperoleh ridhonya. Jadi lakukan senantiasa memanjatkan doa pada sang maha pencipta supaya tak disebutkan sebagai manusia yang sombong.
Allah berjanji akan mengabulkan doa hamba yang memohon kepada-Nya. Tetapi, apakah semuanya doa bakal dikabulkan? Apa sajakah syarat terkabulnya doa?
Kesempatan ini kita bakal menengok bagaimana menurut hadist serta kisah mengenai prasyarat terkabulnya doa. Syarat Terkabulnya Doa

1. Mengetahui pada siapa kita memohon.
Sebelumnya memohon sesuatu, pasti kita mesti mengetahui pada siapa kita memohon. Begitu pula sebelumnya kita berdoa, kita mesti tau siapa Dzat yang tengah kita mintai bantuan serta pertolongan untuk mengabulkan keinginan kita.
Selain itu, kita harus juga mengetahui serta yakini kalau Allah swt Maha Dapat mengabulkan apa pun yang kita minta. Satu hari, Imam Jafar As-Shodiq, Guru dari Imam Madzhab Maliki serta Hanbali pernah di tanya oleh seorang, “Wahai Imam, kita selalu berdoa namun tidak pernah dikabulkan? ”

Imam juga menjawab, “Karena kalian berdoa pada yg tidak kalian kenal. ”Jawaban ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw yang berbunyi, ”Andai kalian mengetahui Allah dengan sebenar-benarnya jadi doa kalian dapat memindahkan gunung-gunung. ”

2. Berbaik kira pada Allah swt.
Sewaktu berdoa, kita mesti yakin kalau Allah bakal mengabulkan doa kita. Sia-sia kita berdoa bila masihlah ada perasaan sangsi apakah Allah bakal mengabulkan doa saya? Karena Allah pernah berfirman dalam Hadist Qudsi-Nya, ”Aku yaitu seperti apa yang didugakan hamba-Ku kepadaku. Karena itu, jangan sampai berprasangka mengenai-Ku terkecuali kebaikan. ”

Bila kita masihlah sangsi apakah Allah bakal mengabulkan atau tak, jadi doa itu akan tidak terkabul karena Allah bakal mengabulkan sesuai sama prasangka kita kepada-Nya. Rasulullah bersabda, ”Berdoalah pada Allah dalam kondisi meyakini kalau (doamu) akan dikabulkan”

3. Berdoa dengan perasaan terjepit.
Prasyarat ketiga yaitu satu diantara yang terutama. Kita berdoa dengan perasaan terjepit serta tersudut seolah tak ada lagi yang bisa membantu kita terkecuali Allah swt. Tak ada lagi yang kita berharap selain-Nya.


Rasulullah saw bersabda, ”Jika seorang dari kalian menginginkan doanya senantiasa dikabulkan oleh Allah swt jadi berputus asalah dari semua manusia. ”
Saat tak ada harapan lagi terkecuali rahmat-Nya, berdoa dalam kondisi betul-betul memerlukan bantuan-Nya, bercucuran air mata untuk ijabah dari-Nya jadi disitulah tempat terkabulnya doa. Karena Allah demikian cemburu bila hamba-Nya masihlah mengharapkan pada selain-Nya. Walau sebenarnya, siapa yang dapat mengabulkan semua keinginan terkecuali Allah swt?

–Bukankah Dia (Allah) yang Mengabulkan (doa) orang yang dalam kesusahan jika dia berdoa kepada-Nya, serta Menyingkirkan kesulitan. ” (An-Naml 62)
Saya telah melakukan adab berdoa serta kriteria terkabulnya doa, namun mengapa doa saya belum juga terkabul? Walau sebenarnya Allah berjanji bakal mengabulkan doa hamba-hamba-Nya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bakal memakai analogi. Maha Suci Allah dari semua. Ada seseorang anak yang meminta pada ayahnya untuk dibelika pistol. Dia memohon, menangis serta meronta sejadi-jadinya. Akankah sang bapak membelikan pistol itu pada anaknya?

Sang bapak tak berikan bukanlah karena tak dapat, bahkan juga membelikan 10 pistol juga ia dapat, namun pistol itu beresiko serta anak ini belum tahu. Pada akhirnya ia ubah keinginan anaknya dengan mainan yg tidak beresiko.

Kita kerap memohon suatu hal yang kita anggap baik. Walau sebenarnya tak semuanya yang kita anggap baik itu baik. Pengetahuan kita begitu terbatas sesaat Allah Maha Tahu serta menginginkan berkata, ”Yang tengah kau minta ini beresiko duhai hamba-Ku”
Saat Allah tak berikan apa yang kita minta karenanya “tidak baik” bukanlah bermakna Allah tak menepati janji-Nya. Doa itu bakal tetaplah terkabul dengan diarahkan pada pemberian Allah yang lain. Setiap doa bakal dikabulkan. Apakah ia terkabul dengan cara segera didunia, diakhirkan di akhirat atau ditukar dengan pemberian yang lain.
Rasulullah saw bersabda, ”Doa yaitu inti beribadah. Tak ada seorang mukmin yang berdoa pada Allah terkecuali dikabulkan. Apakah ia dikabulkan segera di dunia, diakhirkan (sebagai pahala) di akhirat atau dihapus dosa-dosanya sesuai sama kadar doanya, sepanjang ia tak berdoa keburukan. ”

Kita kerap mengeluh serta protes bila doa tidak kunjung terkabul, walau sebenarnya kita tak tau apa yang tengah berlangsung di balik doa-doa kita. Allah swt pernah berfirman dalam Taurat, ”Allah berkata pada hamba-hamba-Nya, “Kau berdoa untuk kehancuran hamba-Ku karena ia sudah mendzalimimu walau sebenarnya di tempat lain ada hamba yang berdoa untuk kehancuranmu karena kau sudah mendzaliminya. Bila kau menginginkan, Saya akan mengabulkan doamu serta mengabulkan doanya (orang yang sudah kau dzolimi) apabila kau ingin saya akan mengakhirkan (balasan) kalian berdua hingga nantinya di Hari Kiamat. ”
Kita cuma memikirkan kalau doa kita belum terkabul tanpa ada pernah tahu kalau doa itu sudah menyelamatkan kita dari beragam musibah serta bencana. Karena itu, janganlah sering protes mengenai tak terkabulnya doa. Perbaiki doa kita serta yakinilah, tak ada doa yg tidak terkabulkan!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.