SUBHANALLAH !!! WANITA YANG MEMPUNYAI AKHLAK SEPERTI INILAH YANG PANTAS DIJADIKAN ISTRI IDAMAN !!!


Seorang isteri idaman mesti tahu makna utamanya aqidah islamiyah yang shahihah, karena sah tidaknya satu amal tergantung pada benar serta tidaknya aqidah seorang. Isteri idaman yakni sosok yang selalu semangat dalam menuntut pengetahuan agama sampai dia dapat tahu beberapa pengetahuan syar’i baik yang berkaitan dengan aqidah, akhlak maupun dalam hal muamalah seperti semangatnya sebagian shahabiyah dalam menuntut pengetahuan agama Islam, mereka bertanya pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk singkirkan kebodohan mereka serta melaksanakan ibadah pada Allah di atas cahaya pengetahuan.

Seperti cerita berikut ini :
Dari Abu Said Al Khudri dia berkata : Pernah satu kali sebagian wanita berkata pada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Kaum lelaki telah menaklukkan kami, jadi jadikanlah satu hari untuk kami, Nabi juga menjanjikan satu hari dapat berjumpa dengan mereka, lalu Nabi berikan saran serta perintah pada mereka. Satu diantara pengucapan beliau pada mereka yakni : “Tidaklah seseorang wanita di antara kalian yang ditinggal mati tiga anaknya, terkecuali mereka sebagai penghambat baginya dari api nereka. Seorang wanita ajukan pertanyaan : “Bagaimana apabila cuma dua? ” Beliau menjawab : “Juga dua. ” (HR. Al-Bukhari No 1010)

Seorang isteri yang aqidahnya benar akan tercermin dalam tingkah lakunya misalnya :

Dia hanya bersahabat dengan wanita yang baik.
Selalu bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ibadah pada Rabbnya.
Mungkin saja contoh untuk wanita yang lain.
Akhlak Isteri Dambaan.

Berupaya berpegang teguh pada akhlak-akhlak Islami yakni : Ceria, pemalu, sabar, lembut bicaranya serta selalu jujur.
Sedikit bicara, tak sukai mengakibatkan kerusakan wanita lain, tak sukai ghibah (menggunjing) dan namimah (adu domba).

Tak menceritakan rahasia rumah tangga, salah satunya yakni jalinan suami isteri ataupun pertikaian dalam rumah tangga. Seperti sabda Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya di antara orang yang terburuk kedudukan-nya disisi Allah pada hari kiamat yakni lelaki yang m3n*cum*bu! isterinya serta isteri m3n*cum*bu! suaminya lalu ia sebar luaskan rahasianya. ” (HR. Muslim 4/157)

Isteri idaman di rumah suaminya Membantu suaminya dalam kebaikan. Yaitu kebaikan untuk seorang isteri jika bisa mendorong suaminya untuk berbuat baik, umpamanya mendorong suaminya agar senantiasa ihsan serta berbakti pada ke-2 orang tuanya, seperti firman Allah Ta’ala, yang bermakna : “Kami perintahkan pada manusia supaya berbuat baik pada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dengan sulit payah serta melahirkannya dengan susah payah. ” (Al Ahqaf 15)
Membantunya dalam menjalin jalinan baik dengan saudara-saudaranya.
Membantunya dalam ketaatan.
Berdedikasi (semangat hidup) yang tinggi.
Ekonomis serta pandai mengatur rumah tangga.
Bagus didalam mendidik anak.

Tampilan :

Di dalam rumah, seseorang isteri yang shalehah mesti selalu memperhatikan penampilannya di rumah suaminya lebih-lebih apabila suaminya ada di sisinya jadi Islam demikian menyarankan untuk berhias dengan beberapa hal yang mubah sampai mengasyikkan hati suaminya.
Apabila keluar rumah, seorang isteri yang sholehah mesti memperhati-kan beberapa hal itu : Mesti minta izin suami, Mesti tutup aurat serta tak memerlihatkan perhiasannya, Tak memakai minyak wangi, Sedikit keluar terkecuali untuk maksud syar’i atau kebutuhan yang begitu mendesak.

Sumber : akhwatmuslimah. com
Share on Google Plus

About Sartika Dewi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.