TOLONG SEBARKAN INI PENTING BUAT SIKECIL!!! BUNDA, JANGAN MENYUSUI SAMBIL MAINAN HP!!! SANGAT BERBAHAYA SEKALI!!! INI BAHAYANYA...



Pada masa digital seperti saat ini, kita memanglah susah lepas dari gadget. Tidak kecuali, beberapa ibu menyusui, entah ini untuk membalas pesan atau up-date status di media sosial.

Saat ini ada kecenderungan baru yang dilakukan oleh beberapa ibu muda moderen yang barusan menyambut kelahiran buah hatinya. Banyak dari mereka memberi ASI pada bayi sambil main gadget. Kesibukan menyusui sembari bermain gadget itu lalu dikatakan sebagai brexting, kependekan dari breast texting.

Otomatis, rutinitas menyusui sambil bermain gadget bakal bikin perhatian serta konsentrasi ibu gampang terdistraksi. Selain itu, kebiasaan yang sedang jadi tren itu juga sudah jadi perhatian beberapa ahli pengasuhan anak serta dokter. 

Konselor laktasi Muji Hananik dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta, menyampaikan, seorang ibu semestinya fokus pada bayinya waktu menyusui. " Konsen bila menyusui, jangan main handphone. Tidak bisa, ya. Kita kan mesti sabar. Ajak bayi komunikasi, lakukan stimulasi, " kata Muji dalam diskusi di RS Bunda.

Stimulasi pada bayi dilakukan dengan mengajaknya bicara, menyentuh, atau mengajak senyum. Beberapa hal seperti ini bisa tingkatkan ikatan pada ibu serta bayi atau bonding. Fokus pada bayi akan membuat ibu dan bayi nyaman dalam sistem menyusui.

Hal senada dikatakan terapis hypno-breastfeeding Fonda Kuswandi. Fonda mengakui pernah merasakan ibu yang alami lecet pada putingnya karena digigit oleh sang buah hati waktu menyusui. Ternyata, ibu itu waktu ini menyusui sambil bermain handphone.

 " Saat ini digital banget. Please, bila lagi menyusui, jangan sambil main gadget, " kata Fonda lagi.

Ia menjelaskan, waktu menyusui, bayi biasanya akan memandang ke arah mata ibu. Waktu tersebut terjadi kontak mata pada ibu serta bayi hingga jadi waktu yang baik untuk berkomunikasi.

 " Bayangin bila ibu ngajak ayah ngomong, namun ayah lagi sibuknonton Piala Dunia, nengok tidak? Tidak, kan. Terasa sakit, kesal. Nah, ini yang dirasakan bayi juga, " kata Fonda.

Isapan bayi pada payudara ibu sangat utama untuk meningkatkan hormon prolaktin, salah satu hormon yang menghasilkan ASI. Karenanya, butuh konsentrasi waktu menyusui serta perhatikan langkah menyusui yang benar.

Terus fokus pada bayi juga membantu Anda tahu apakah bayi telah usai menyusui atau belum, apakah bayi telah kenyang, dsb. Hal semacam ini pastinya bisa mendukung terlaksananya ASI eksklusif sepanjang 6 bulan serta pemberian ASI sampai 2 th..

Beberapa dokter memperingatkan bahwa kebiasaan menyusui sembari bermain gadget bisa mengganggu sistem keterikatan pada ibu serta bayi yang terjalin waktu menyusui.

Keterikatan ibu dengan anak selama masa awal kehidupan sangat utama, hingga apabila keterikatan itu terinterupsi, jadi anak peluang bakal alami permasalahan kecemasan di masa yang akan datang.

Terkecuali Efek jelek diatas, yg tidak kalah bahayanya dampak menyusui sembari memakai gadget yaitu :

1. Kurangnya perhatian ke anak.
2. Resiko mengakibatkan kerusakan mata.
3. Resiko Radiasi Gadget pada Anak.
4. Bisa jadi Anak Kejatuhan Gadget ketika menyusui.

Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Sartika Dewi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.