YUK KITA BIKIN SABUN SENDIRI DENGAN BAHAN ALAMI!!! YANG SUDAH JELAS MANFAAT UNTUK KESEHATAN LEBIH BESAR DI BANDING SABUN KIMIA!!! INI CARA MEMBUATNYA!!!



Bila saya ingat rasanya almarhum nenek saya telah lebih dulu lakukan perduli lingkungan dari pada kami cucu-cucunya. Nenek saya selalu buang ampas kopi serta teh di pot tanaman, serta yang paling saya ingat yaitu beliau senantiasa mandi serta mencuci memakai biji berwarna coklat kehitaman. Beliau menyebutnya Klerek. Tuturnya sabunan gunakan klerek lebih enak di tubuh, sedang membersihkan baju dengan klerek lebih bersih serta warna kain tetaplah awet. Saya tak pernah cobanya, baru-baru ini saya teringat mengenai biji klerek ini, sesudah saya membaca sebagian artikel kalau deterjen dalam sabun begitu merusak lingkungan, saya jadi mau banyak tahu mengenai biji klerek ini.

Klerek ternyata memanglah dari zaman dulu dipakai untuk mencuci kain batik,  mandi, keramas bahkan untuk bersihkan perhiasan emas serta perak.

Bagaimana Klerek dapat berbusa ini lantaran biji klerek menandung saponin yang bisa bereaksi dengan air serta membuahkan busa sabun alami.

Klerek yaitu biji dari tanaman dengan nama latin Sapindus Trifoliatus. Klerek mengandung (+) – Saponin A, saponin C, sapindosid A, sapindosid B, emarginatoside-B, emarginatoside-C, karagenan, histamin, serotonin, zymosan, type II cyanolipids, asam lemak, asam oleat, asam arachidic, asam 11-iecosenoic, asam cisvaccenic, asam 13-eicosenoic.

Selain dipakai sebagai sabun, Klerek juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit eksim, psoriasis. Menyembuhkan serta menyingkirkan bintik-bintik, epilepsi, Bermanfaat emetik, tonik, karakter zat serta anti-helmintic tanaman klerek dipakai untuk mengobati asma. Akar serta kulit kayu dikira sebagai ekspektoran enteng serta penawar rasa sakit. (sumber : iloveindia. com)

Cara bikin Sabun Klerek :
1. Sediakan biji klerek kurang lebih 30 butir lalu ambil dagingnya saja serta buang isinya

2. Sediakan wadah untuk merebus, input daging biji klerek ditambah dengan air kurang lebih 3 liter lalu rebus kurang lebih 1/2 jam.

3. Biasanya bakal muncul busa, serta hal semacam ini menandakan bila zat saponin telah keluar dari daging biji Klerek serta tercampur dengan air saat di rebus.

4. Bila telah sekian angkat serta dinginkan, lalu saringlah serta masukan dalam botol.

5. Sabun Klerek alami siap untuk dipakai.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.